Cara Setting Apple Airport Express



Apple Airport Express last generation adalah produk wireless network yang sangat user friendly.Tidak ada kesulitan yang berarti ketika mensetupnya. Sentronika sudah menggunakan Airport Express sejak tahun awal di rilis oleh Apple.

Apple Airport Express sebenarnya dirancang sebagai WiFi extender untuk produk Apple lain yaitu Apple Airport Extreme atau Apple Time Capsule

Namun kami menggunakan Airport Express sebagai Wifi Router utama dan menggunakan Linksys E1200 sebagai WiFi Router kedua dengan setting Bridge Mode.
Jangan lupa untuk Port kabel RJ-45 dari Airport Express di colok ke port WAN di Linksys E1200

Diawali dengan setting Airport Express, yang perlu di di customize adalah channel manual misalnya pilih channel 5 untuk yang 2.4GHz.


DHCP range di pilih 192.168 untuk menyamakan dengan Linksys yang default range nya 192.168


Selanjutnya setting Linksys yang perlu di ubah, IP defaultnya admin-nya menjadi 192.168.1.2, karena untuk 192.168.1.1 sudah dipakai airport express

Selanjutnya menyamakan SSID Name dan Wifi Password dengan Airport Express
Channel juga di set manual menjadi chanel 5



Setelah selesai semua, lalu Internet Connection Type dari semula Automatic Configuration DHCP , diubah menjadi Bridge Mode.



Hasil WiFi Analyzer terlihat sudah sama chanel untuk dua sumber WiFi Airport Express dan Linksys.


Demikian setting Airport Express sebagai WiFi router utama dan Linksys sebagai Wifi Router kedua dengan Setting Bridge Mode. 

Semoga bermanfaat